Apple Siri Ikut Mati Bersama Steve Jobs

Pertarungan kecerdasan asisten pribadi digital terus memanas setiap tahunnya. Namun sayang, dalam beberapa tahun ini, asisten digital pribadi milik Apple, Siri semakin tertinggal jauh dari asisten pribadi digital lainnya seperti Google Assistant dan Alexa.

Percaya atau tidak, menurut salah satu mantan karyawan Apple, Richard Williamson, hal ini dikarenakan pengembangan Siri kini tidak seperti dulu. Siri ikut mati setelah sang pendiri Apple, Steve Jobs meninggal.

Lebih lanjut Williamson mengatakan jika tim pengembangan Siri di bawah kepemimpinan salah satu mantan deputi ketua IOS Scott Forstall, hanya ingin selalu melakukan pembaruan satu tahun sekali, bertepatan dengan diluncurkannya versi iOS terbaru.

Dia tidak peduli apakah Siri bertambah pintar dan cepat atau tidak dalam setiap pembaruan tahunan tersebut. Bahkan hal ini membuat para pengembang frustasi, dan membuat mereka ingin membuat Siri dari awal.

Wiliamson mengatakan, banyak orang yang menuduh para pengembang yang membuat Siri lebih lambat. Namun dia membantah pernyataan tersebut.

“Siri Berjalan dengan lamban, jika memang dia bisa bekerja. Siri penuh dengan bug yang serius. Semua ini datang dari tim pengembang awal Siri, bukan dari saya,” ujarnya.

Dia menambahkan, masalah ini semakin bertambah parah setelah Apple memutuskan untuk menyematkan sistem baru dari perusahaan yang diakuisisi olehnya, yakni Topsy pada 2013 dan VocallQ pada 2015. Bug semakin bertambah banyak.

“Anggota tim Topsy menyatakan tidak ingin bekerja dengan tim Siri, yang mereka anggap lamban dan terhambat oleh infrastruktur awal yang telah ditambal tetapi tidak pernah diganti sama sekali sejak diluncurkan,” jelas William.

Pada akhirnya, para pengembang Siri yang ingin mendesain ulang Siri dilaporkan mulai bergerak. Mereka akan membangun sistem Siri yang baru, mulai dari dasarnya. Dan tentu saja, hal ini bukan tugas yang mudah untuk dilakukan.

Yang lebih parah lagi Wiliamson mengatakan jika para pengembang siri tadinya enggan memasukkan siri ke dalam Home Pod. Namun setelah melihat Amazon mengintegrasikan Alexa ke dalam Amazon Echo, barulah mereka memasukkan Siri ke Home Pod.

Sayangnya, untuk saat ini para pengembang tidak akan melakukan pembangunan Siri dari awal. Jika Apple ingin membuat Siri menjadi pesaing sejati Google Asisten dan Alexa, yang perlu dilakukan adalah memilah masalah pengelolaan internalnya dan memutuskan apa yang sebenarnya diinginkan dari Siri, dan juga melihat permintaan pengguna yang selalu berubah.

Belum ada Komentar untuk "Apple Siri Ikut Mati Bersama Steve Jobs"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel