'Crepes' Khas Tabanan yang Cocok untuk Dessert Selepas Makan Siang

Pulau Dewata dengan keeksotisan alam dan kekayaan budayanya memang selalu tidak pernah gagal menjadi magnet, sebagai tujuan destinasi wisata banyak orang. Baik itu wisatawan domestik atau juga wisatawan mancanegara.

Di balik keindahan pesona alamnya yang luar biasa indah dan memanjakan mata, Bali juga menyimpan kekayaan kuliner, yang rasanya tentu sangat sayang untuk dilewatkan.

Salah satunya hadir dari daerah Kecamatan Penebel, Tabanan. Jika menyebut kuliner khas Tabanan, biasanya yang terpikir ialah teh beras merah, bubur tri datu, entil, ataupun hidangan gurame jae.

 Padahal ada juga sajian kuliner khas Tabanan, yang datang dari Kecamatan Penebel yang juga hadir sebagai hidangan khas Tabanan yaitu yang bernama Laklak pisang, yang dikatakan sayangnya sekarang sudah mulai jarang bisa ditemukan dengan mudah. 

Laklak pisang ini sendiri untuk orang Indonesia mungkin kurang lebih sama seperti kue serabi yang dikenal sebagai salah satu kudapan dari Tanah Jawa, yang juga kurang lebih dilihat oleh orang-orang mancanegara merupakan hidangan crepe. Dihimpun Okezone, Jumat (16/3/2018) dari berbagai sumber, laklak pisang dibuat dengan menggunakan komponen bahan yang tidak jauh berbeda jika kita ingin membuat serabi ataupun crepe. Sebab dibuat dengan memakai adonan dari campuran tepung beras, tepung kanji, tepung terigu, serta air yang semuanya diaduk hingga merata baru kemudian dimasak di atas wajan datar tradisional yang terbuat dari tanah liat, baru kemudian saat sedang diatas wajan barulah ditambahkan kelapa parut serta irisan tipis buah pisang.

Untuk lama proses pembuatan, setelah wajan atau tungku ditutup menggunakan tutupan keramik, cukup tunggu sekitar satu hingga dua menit. Voila! Laklak pisang yang lembut, manis dan juga hangat ini dilipat dan siap disantap. Sebagai catatan, untuk bahan baku pisang sendiri, disebutkan pisang yang digunakan juga bukan pisang sembarangan loh, melainkan pisang hijau khusus asli Tabanan.

Kudapan yang bisa dinikmati sebagai menu sarapan atau makanan penutup ini hadir dengan cita rasa gurih, manis, lembut dan renyah ini diketahui lebih lanjut juga bisa dikreasikan dengan tambahan rasa lainnya selain pisang, yakni dengan penggunaan keju juga cokelat.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.