Ciri-ciri Mahasiswa Yang Cocok Untuk Kuliah Online, Kamu Termasuk?

Ciri-ciri-Mahasiswa-Yang-Cocok-Untuk-Kuliah-Online-Kamu-Termasuk
Sumber gambar: pixabay

Di era serba digital ini, tidak heran jika hampir semua kegiatan manusia dapat dilakukan secara online. Pasalnya, ada banyak perangkat maupun fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan hanya satu ‘klik’ saja. Mulai dari kegiatan transportasi, membeli makan sehari-hari, melakukan pembayaran, transportasi, membeli bahan masakan, belanja pakaian, dan bahkan kegiatan perkuliahan bisa dilakukan secara online. 

Kamu tentu mengenal istilah kuliah online yang saat ini mulai terkenal, salah satu istilah yang merujuk pada pembelajaran berbasis daring. Artinya mahasiswa tidak perlu datang ke kelas untuk menerima pelajaran/materi, namun cukup tersedia komputer atau sejenisnya yang terkoneksi dengan internet. Siapa saja yang cocok mengikuti jenis perkuliahan ini, berikut ciri-cirinya: 

Sibuk dengan pekerjaan 

Ada banyak pegawai yang memiliki keinginan untuk meningkatkan jenjang pendidikan, namun apalah daya jika ia sendiri terlalu sibuk dengan pekerjaannya. Alhasil banyak pegawai yang sudah merasa cukup dengan pendidikan yang ia miliki, padahal peningkatan jenjang pendidikan tentunya akan lebih meningkatkan kesejahteraan pegawai itu sendiri. Namun alasan tersebut saat ini sudah tidak berlaku lagi, dengan kuliah sistem online ini, karyawan sesibuk apapun pasti bisa menjalankan pendidikannya tanpa meninggalkan tugas/pekerjaannya di kantor. 

Meski setiap hari lembur, pegawai tidak akan ketinggalan materi kuliah. Berbagai materi untuk kuliah jenis online ini sudah tersedia dalam laman website (ada website khusus biasanya, materi dalam bentuk ebook ataupun video penjelasan dosen). Kegiatan komunikasi juga tetap bisa dilakukan, biasanya disediakan grup chatting kelompok atau pribadi dengan dosen. 

Paham cara menggunakan komputer + internet 

Tidak harus ahli menggunakan komputer, cukup paham cara kerja komputer dan internet, maka kamu masuk kategori mahasiswa yang cocok untuk kuliah di Pintaria.com. Seperti yang diketahui, portal terkenal dengan kuliah sistem online-nya ini menyediakan banyak pilihan universitas lengkap dengan jurusannya. 

Salah satu syarat utama agar bisa mengikuti kuliah sistem ini adalah faham menggunakan komputer lengkap dengan akses internetnya. Selain itu, kemampuan memahami portal atau halaman tertentu dalam sebuah website juga penting. Jika kurang paham perihal hal ini, bisa banyak-banyak belajar dari teman atau juga bisa banyak membaca artikel berkaitan. 

Tidak punya waktu luang 

Banyak alasan mengapa orang kesulitan melanjutkan pendidikan, salah satunya waktu luang. Perkuliahan reguler umumnya cukup memakan banyak waktu di siang hari, sehingga bagi orang sibuk sistem ini cukup menyita waktu. 

Namun dengan adanya sistem kuliah online, permasalah waktu menjadi hal yang dapat disiasati dengan mudah. Kuliah sistem ini menawarkan metode kuliah daring, dimana pembelajaran yang dilakukan secara online. Asalkan ada komputer dan terkoneksi dengan internet, kegiatan pembelajaran dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun. 

Karenanya sistem kuliah satu ini amat difavoritkan, khususnya untuk karyawan. Meski disebut online, namun aktivitas pembelajaran tidak sepenuhnya online (ada pertemuan tatap muka). 

Mudah belajar meski tidak bertemu langsung dengan dosen 

Ada banyak tipe orang dalam menerima pembelajaran, ada yang bisa paham hanya dengan mendengarkan, ada yang hanya bisa paham jika bertatapan, ada pula yang bisa paham tanpa harus ada interaksi dan membaca buku saja. 

Sesuai dengan namanya, kuliah jenis ini banyak menggunakan interaksi online. Akan sulit sekali kuliah di Pintaria.com kamu masuk kategori siswa yang belajarnya harus dengan tatap muka, atau dengan kata lain banyak berinteraksi dengan dosen. Sebaliknya, jika masuk kategori pelajar fleksibel yang bisa memanen pengetahuan dari mana saja, maka kamu sangat cocok untuk mengikuti kuliah sistem online satu ini. 

Kebanyakan materi kuliah sistem online tersedia dalam bentuk online (baik bentuk pdf, ebook, video materi, audio, atau lainnya yang mendukung). Jadi siswa akan lebih banyak bergelut dengan materi dari yang dibaca, bukan dari interaksi. Meski begitu, pembelajaran tatap muka masih tetap dilakukan, hanya saja waktunya tidak seintens jenis kuliah reguler. 

Rajin dan ulet dalam mengerjakan tugas 

Selain dari materi kuliahnya yang diberikan dalam bentuk online, namun berbagai tugas yang harus dikerjakan bisanya juga dalam bentuk online. Meski jarang melakukan pertemuan, namun dosen tetap akan memberikan tugas yang harus dikerjakan (untuk ujian, biasanya dilaksanakan secara tatap muka). 

Tentunya berbagai tugas tersebut harus dikerjakan dengan baik, meski pertemuan yang dilakukan sangat jarang untuk membahas tugas tersebut. Mahasiswa online harus lebih rajin dan giat lagi dibandingkan mahasiswa reguler, pasalnya pengetahuan yang didapatkan harus banyak dipelajari sendiri. 

Apakah kamu mempunyai ciri-ciri di atas? jika iya, maka kamu sudah lolos kualifikasi untuk mengikuti kuliah online. Jika dibandingkan dengan kuliah reguler, tentunya kuliah sistem online ini memiliki banyak kelebihan. Selain dari waktu pembelajaran yang sangat fleksibel, namun dalam masalah pembiayaan juga lebih hemat.

Belum ada Komentar untuk "Ciri-ciri Mahasiswa Yang Cocok Untuk Kuliah Online, Kamu Termasuk?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel